“Pengukuran Ketrampilan Beradaptasi (Adaptive Skill) Remaja”

Definisi

Perilaku Adaptive

Perilaku adaptive adalah tipe perilaku yang digunakan untuk beradaptasi dengan tipe perilaku lain atau situasi tertentu. Perilaku ini ditandai dengan jenis perilaku yang memungkinkan individu untuk mengganti perilaku yang tidak konstruktif menjadi perilaku konstruktif. Perilaku ini bisa berupa perilaku personal maupun perilaku sosial. Menurut William Heward dalam buku Exceptional Children mendifinisikan perilaku adaptive sebagai keefktifan atau tingkatan dimana individu mencapai standar kemandirian personal dan tanggungjawab sosial yang diharapkan oleh usia individu tersebut ataupun kelompok sosial. Perilaku adaptive ini juga mengacu pada penampilan individu tanpa ketidakmapuan dalam memenui standar lingkungan. Perilaku adaptive berubah sesuai dengan umur seseorang, standar budaya, dan standar lingkungan.

Ketrampilan Adaptive

Konsep Ketrampilan beradaptasi menurut American Association on Mental Retardation (AAMR) adalah perilaku menyesuaikan diri yang meliputi ketrampilan sehari-hari yang dibutuhkan individu untuk berfungsi dan memenuhi tuntutan lingkungan, termasuk ketrampilan yang dibutuhkan untuk merawat diri secara efektif dan independen dan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Ketika individu mempunyai masalah dengan ketrampilan menyesuaikan diri maka individu tersebut tidak akan dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, sehingga timbulah masalah perilaku ketidakmapuan intelektual (Intellectual Disability – ID). AAMR mendifinisikan ID sebagai ketidakmapuan yang ditandai dengan pembatasan yang penting pada fungsi intelektual dan perilaku adaptive seperti yang tertuang dalam kemapuan adaptive  konseptual, sosial, dan praktikal (AAMR 2002). 

Penulis DSM IV – TR (APA, 2000) menjelaskan tentang komponen kemampuan adaptive dalam definisi retardasi mental: ” sub rata-rata fungsi intelektual  yang yang berhubungan dengan keterbatasan area kemampuan adaptive berikut ini: communication, self care, home living, social skills, community use, self-direction, health dan safety, functional academics, leisure, and work.”Mental Retardasi terjadi sebelum umur 18.

 

Masa Remaja

Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak dan masa dewasa. Terjadi banyak perubahan fundamental pada masa remaja:

  1. Transisi Biologis

Kebanyakan remaja belum siap dengan perubahan fisik, menarik diri dari kehidupan sosial karena perkembangan hormon yang dialaminya

  1. Transisi Kognitif

Proses berpikirnya berbeda dengan masa anak-anak, menurut Keeting ditandai dengan:

·         Thinking about possibility

·         Thinking about abstract concept (hipotesis)

·         Thinking about thinking

·         Thinking about multiple dimension

·         Thinking about relativism

  1. Transisi Sosial

·         Merupakan saat memperluas wawasan sosial

·         Terjadi perpindahan dari home centered ke peer group dan komunitas yang lebih luas

·         Aktifitas bertambah banyak dan diluar keluarga

·         Tujuannya untuk mandiri dan mencari identitas diri

·         Strategi berinteraksi:

         friendship

         peer group

         dating

 

Domain Ketrampilan Adaptive

  1. Domain Communication: Kemampuan memahami dan mengekspresikan informasi melalui perilaku simbolik, misalnya dengan:
    • menerima
    • ekspresif
    • ketrampilan menulis
  2. Domain Daily Living Skill meliputi:
    • mengevaluasi kebiasaan hidup individu sehari-hari
    • Kemapuan mengerjakan tugas domestic
    • Perilaku dalam komunitas
  3. Domain sosialisasi meliputi:
    • Interaksi dengan orang lain
    • Bermain, menggunakan waktu senggang
    • Bertanggungjawab dan sesitif terhadap orang lain

 

Item pengukuran Ketrampilan Adaptive Remaja Indonesia : mengacu pada item cheklist 10 AAMR adaptive Skill

 

A.     Komunikasi: Kemampuan memahami dan mengungkapkan informasi melalui perilaku simbolik, bahasa tubuh, dan mendengarkan

  1.  
    1. Tahu bagaimana memahami atau menerima permintaan/perintah
    2. Tahu bagaimana mengidentifikasi emosi : (remaja masih bingung bila harus mengidentifikasi emosi karena masa remaja adalah masa storm and stress (stanley hall), akan lebih baik jika diganti dengan:”tahu bagaimana mengungkapkan emosi di tempat yang tepat”.
    3. Tahu bagaimana menulis surat
    4. Memperlihatkan pemahaman bahwa teknologi dapat digunakan untuk memperoleh informasi
    5. Memahami bahwa komunikasi bisa terjadi dengan cara yang berbeda, menggunakan bahasa, alat, dan tanda yang berbeda
    6. Mengenali ekspresi, isyarat, dan petunjuk bahasa tubuh.
    7. Menggunakan bahasa verbal dan non verbal untuk mengkomunikasikan tujuan
    8. Bertanya dan memberi respon yang tepat dalam pembicaraan dan diskusi dengan orang lain ataupun dalam kelompok

 

B.      Self-Care: kemampuan merawat diri

1.      Menggunakan peralatan secara tepat

2.      Mampu berpakaian sendiri; untuk anak-anak?–à berpakaian secara tepat dan sesuai

3.      Mampu menjaga penampilan diri

4.      Mampu merawat diri: disiplin makan, disiplin minum

 

C.      Home Living: kemampuan untuk  merawat atau menjaga fungsi tugas sehari-hari dalam rumah

1.      Membantu tugas rumah sehari-hari

2.      Mengkumunikasikan kebutuhan dan pilihan

3.      Sadar akan standar keamanan rumah

4.      mampu membuat suasana nyaman dan aman di rumah

 

D. Social Skills: kemampuan untuk berperilaku yang bisa diterima secara sosial

1.      Mempunyai teman

2.      Bergantian dalam berinteraksi

3.      Memperlihatkan kejujuran, kepercayaan, dan permainan yang sesuai

4.      Memberi respon dengan empati pada teman yang membutuhkan

5.      Mampu menyelesaikan konflik dengan teman

6.      Tahu sopan santun dalam masyarakat

7.      menjadi anggota kelompok tertentu

 

E. Community use: kemampuan untuk menggunakan potensi komunitas secara pantas

1.      Menggunakan fasilitas publik

2.      Pergi berbelanja

3.      menggunakan angkutan umum

 

F. Self Direction: kemampuan membuat pilihan

1.      Tahu bagaimana mengikuti jadwal

2.      Berinisiatif untuk melakukan aktifitas yang sesuai

3.      Memperlihatkan ketegasan diri yang sesuai dan mampu membela diri

4.      Mempunyai strategi dan kesensitifitasan untuk menggali dan belajar dari lingkungan

5.      Mampu untuk menetapkan tujuan dan menjalankan aktifitas sesuai rencana

6.      Mampu membuat pilihan bebas

7.      Mematuhi aturan dan rutinitas di keluarga dan masyarakat

8.      menunjukkan kemandirian

 

G. Health and safety (kemampuan menjaga diri)

1.      makan yang sehat

2.      tahu jika sakit

3.      menjaga badan sehat

4.      Mengenali situasi yang tidak aman dan mampu mengambil tindakan yang sesuai

5.      sadar akan gaya hidup sehat

6.      Mengenali benda-benda, perilaku, ataupun barang yang berpotensial merugikan

7.      sadar akan standar keamanan umum

 

 

H. Functional Academics (kemampuan belajar di sekolah)

1.      tahu membaca

2.      tahu menulis

3.      tahu berhitung

4.      menggunakan bahasa matematika untuk mengungkapkan ide matematika

5.      tahu tentang kemajuan teknologi

6.      menggunakan teknologi

7.      tahu konsep pengukuran dasar

 

I.        Leisure: Kemampuan untuk memenuhi aktifitas rekreasional dan santai menurut pilihan pribadi

1.      memilih dan menginisiatifkan kegiatan

2.      terlibat dalam dan menikmati aktifitas rekreasional dan santai di masyarakat

3.      bermain dengan orang lain

4.      Bergiliran dalam permainan dan tugas

 

 

J. Work (kemampuan untuk bekerja part atau full time atau berpartisipasi dalam kegiatan sukarela di komunitas

1.      mampu bekerja

2.      mempunyai ketrampilan kerja yang sesuai

3.      mempunyai ketrampilan yang berhubungan dengan kerja dan pergi bekerja

4.      mengenali ketrampilan dan potensi diri dan meyesuaikan dengan jenis pekerjaan

~ by Novina Suprobo on June 14, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: